Pembahasan Jurusan-Jurusan Kimia di Universitas


Dibawah ini adalah analisis dan pendapat saya mengenai jurusan-jurusan kimia (kimia murni, terapan, atau related field). Saya menulis ini karena dari apa yang saya lihat, masih banyak yang bingung mengenai pilihan jurusan yang akan mereka pilih nantinya terutama mengenai ilmu kimia.

Banyak yang masih bingung akan jurusan-jurusan kimia karena dibawah kimia murni, ada banyak sekali ilmu terapan yang didasari oleh ilmu kimia. Oleh karena itu, saya menulis ini untuk membantu memilih jurusan yang tepat. Semoga apa yang saya tulis ini bisa membantu… ^_^

1. Farmasi

Pharmacy

Keterangan: Farmasi adalah jurusan yang terkait dengan ilmu kedokteran dan kimia. Jika kedokteran memfokuskan penyembuhan pasien lewat penanganan secara langsung, farmasi menyembuhkan lewat obat-obatan kimia. Farmasi mempelajari mulai dari pembuatan obat, nasib obat di dalam tubuh, ramuan tradisional, farmasetika, dsb. Di Indonesia, jurusan farmasi biasanya terbagi menjadi 3 area, diantaranya Farmasi Riset & Penelitian, Farmasi Klinik & Komunitas, dan Farmasi Obat alam. Lulusan jurusan farmasi akan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S. Farm) di belakang namanya ditambah dengan gelar profesi Apoteker (Apt.)

Prospek Kerja: Prospek kerja jurusan farmasi sangat luas sekali. Semua industri farmasi membutuhkan lulusan farmasi. Disamping itu terbuka pula kesempatan untuk membuka jasa perdagangan, juga apotik. Bisa juga terjun di dunia penelitian dan pendidikan.

Modal Utama: Jika memilih jurusan farmasi, kemampuan analisis sangat diutamakan. Oleh karena itu, kemampuan matematika yang bagus akan sangat menunjang pembelajaran di jurusan ini. Kesenangan terhadap ilmu-ilmu alam (seperti fisika, biologi dan kimia) pun juga menjadi modal utama di jurusan ini. Karena banyaknya praktik laboratorium, harus memiliki daya analisis tinggi dan rasa ingin tahu yang tinggi. Syarat utama lainnya adalah tidak buta warna.

2. Kimia
Chemistry

Keterangan: Jurusan kimia adalah salah satu jurusan ilmu murni yang biasanya berdiri  dibawah naungan fakultas MIPA. Seperti jurusan-jurusan MIPA lainnya, pembelajaran di jurusan kimia bertujuan untuk mengembangkan ilmu kimia demi kemajuan masa depan. Kimia mempelajari diantaranya manajemen laboratorium, kimia organik, anorganik, biokimia, dsb. Lulusan kimia akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si) di belakang namanya.

Prospek Kerja: Sebagai peneliti di berbagai instansi baik pemerintah, lembaga asing, maupun industri swasta. Juga bisa masuk ke laboratorium industri makanan, obat-obatan, farmasi, tekstil, petrokimia, dsb. Banyak juga lulusan kimia yang terjun ke dunia pendidikan sebagai tenaga pengajar di sekolah atau dosen di universitas.

Modal Utama: Rasa ingin tahu yang tinggi di bidang kimia dan tidak buta warna. Karena banyaknya kegiatan laboratorium, modal utama tentulah harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, juga kesabaran yang tinggi dan daya analisis yang kuat. Minat di bidang kimia merupakan suatu keharusan di jurusan ini. Jika memiliki kemampuan tinggi di bidang matematika, akan menjadi penunjang yang sangat baik di jurusan ini.

3. Teknik Kimia
Chemical Engineering

Keterangan: Jurusan teknik kimia mempelajari proses-proses kimia dan fisika yang diterapkan di bidang industri untuk mengolah bahan mentah menjadi bahan jadi atau setengah jadi. Yang dipelajari di teknik kimia adalah termodinamika, proses kimia, mesin-mesin produksi, katalis industri, teori ekonomi, dsb. Saat ini jurusan teknik kimia merupakan salah satu jurusan primadona yang memiliki prospek kerja sangat cerah. Lulusan Teknik Kimia akan mendapatkan gelar ST (Sarjana Teknik).

Prospek Kerja: Tidak perlu dipertanyakan lagi, hampir semua industri memerlukan lulusan Teknik Kimia. Selain segala jenis industri kimia, lulusan Teknik kimia juga bisa menempati instansi-instansi pemerintah terutama Departemen Perindustrian. Bagi yang melanjutkan studinya bisa juga menjadi konsultan industri bahkan ekonomi.

Modal Utama: Selain kemampuan analisis dan tidak buta warna, mahasiswa teknik kimia dituntut untuk selalu bertanya “kenapa”. Oleh karena itu, kemampuan spasial dalam fisika akan diperlukan di jurusan ini karena banyaknya mesin yang akan digunakan. Jika memilih jurusan ini, diharuskan untuk menyenangi fisika, kimia fisis, dan ekonomi. Walaupun memiliki nama kimia, kemampuan matematika dan fisika lebih diutamakan di jurusan Teknik Kimia. Kemampuan bahasa inggris juga penting di jurusan ini karena kebanyakan referensi yang digunakan adalah buku-buku luar.

4. Ilmu Gizi
Nutritional Science

Keterangan: Ilmu gizi mempelajari hubungan makanan yang dimakan dengan kesehatan tubuh serta faktor-faktor penyebabnya. Ilmu gizi memiliki beberapa cabang, diantaranya adalah Gizi Kesehatan, Gizi Masyarakat, dan Teknologi Pangan. Ilmu gizi mempelajari kandungan-kandungan makanan dan fungsinya untuk tubuh, diantaranya protein, karbohidrat, lemak, air, mineral, dsb. Lulusan Ilmu Gizi akan mendapatkan gelar Sarjana Gizi (S. Gz.).

Prospek Kerja: Disebut-sebut sebagai jurusan masa depan. Lulusan Ilmu Gizi bisa bekerja sebagai konsultan gizi, ahli nutrisi, peneliti rumah sakit, ahli gizi di rumah sakit, industri-industri pangan dan kesehatan, juga hotel. Bisa juga membuka jasa perdagangan makanan, catering, dsb.

Modal Utama: Banyak kegiatan laboratorium, sehingga membutuhkan daya analisis yang kuat. Kemampuan penunjang diantaranya adalah pengetahuan di bidang makanan, juga rasa simpati terhadap orang lain dan memiliki perhatian terhadap masalah seseorang. Kemampuan menghafal yang baik juga akan menjadi nilai plus di jurusan ini. Rasa senang terhadap ilmu biologi dan kimia juga menjadi nilai plus walau tidak harus.

5. Biokimia
Biochemistry

Keterangan: Biokimia adalah cabang dari ilmu kimia yang mempelajari proses kimiawi makhluk hidup seperti metabolisme, genetika, sirkulasi, dsb. Biokimia juga mempelajari mikrobiologi seperti virus dan bakteri. Materi biokimia diantaranya polimer dan monomer, lipid, karbohidrat, protein, DNA dan RNA, plasmid, dsb. Hanya sedikit Pendidikan Tinggi yang membuka jurusan ini di Universitas. Lulusan jurusan ini akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si).

Prospek Kerja: Hampir sama seperti kimia murni, tetapi lebih spesifik yaitu ke bidang biokimia. Bisa masuk ke industri perkebunan, kehutanan, pertanian, bahkan peternakan sebagai analis laboratorium dan formulator. Juga bisa menjadi peneliti di instansi pemerintah, lembaga luar negeri, maupun swasta.

Modal Utama: Memiliki rasa senang terhadap ilmu kimia dan biologi. Tidak buta warna juga merupakan suatu keharusan di jurusan ini. Kemampuan penunjang diantaranya adalah senang melihat suatu proses, minat terhadap bioteknologi dan biologi molekular, juga akan menjadi nilai plus bila memiliki kemampuan menghafal yang baik. Karena banyak kegiatan laboratorium, dipastikan harus memiliki daya analisis kuat.

6. Teknologi Pangan
Food Technology

Keterangan: Teknologi Pangan atau bahasa kerennya Food Technology adalah jurusan yang mendidik mahasiswa untuk bisa mengolah makanan dari bahan mentah yaitu hasil petanian dan peternakan sampai ke produk-produk makanan yang sampai di tangan konsumen. Food tech diantaranya mempelajari tentang keamanan pangan, mikrobiologi pangan, teknik pangan, sampai pengembangan produk makanan. Lulusan Teknologi Pertanian akan mendapatkan gelar Sarjana Teknologi Pertanian (STP).

Prospek Kerja: Lebih spesifik karena hanya menyangkut makanan, tapi pasti akan diperlukan oleh industri-industri makanan sebagai kontrol mutu, QA, QC, pengembangan produk, manajer produk, dsb. Selain bekerja di industri, lulusan teknologi pangan juga bisa menjadi konsultan makanan, nutritionist, peneliti, dsb.

Modal Utama: Memiliki kemampuan dan menyenangi ilmu kimia. Karena ada banyak kegiatan laboratorium, maka dituntut untuk memiliki daya analisis kuat dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Pengetahuan di bidang biologi, gizi, dan makanan juga menjadi penunjang walau tidak harus.

Tentang Joevarian

Just an ordinary boy (or guy maybe? whatever!) who dreams for some unordinary things...
Tulisan ini dipublikasikan di Math & Natural Sciences, The Words dan tag . Tandai permalink.

48 Balasan ke Pembahasan Jurusan-Jurusan Kimia di Universitas

  1. Manta, Hanni Maryam berkata:

    hmm, aq tertarik masuk farmasi..
    farmasi klinik tepatx.. apa bisa dijelaskan tentang apa aja yg bakal aq kerjain kalo ngambil farmasi klinik?
    soalx msh bner2 buta ni soal farmasi klinik..

    banyak sainganx ga sih?? gag pede jg ni sm kmampuan sendiri,, kimiaq gtu2 aja sih.. :p

    thx b4..

    • joevaryan berkata:

      Begini,
      Sebelumnya terima kasih sekali sudah berkunjung ke blog saya. ^_^

      Saya bukanlah orang berpengalaman untuk memberitahu soal pekerjaan apa yang pantas dan cocok, tetapi saya memberitahukan ini berdasarkan pengamatan saya.

      Farmasi Sains dan Riset : Peneliti laboratorium, pengembangan obat, pendidik seperti dosen, Ilmuwan, dsb.

      Farmasi Klinik dan Komunitas: Rumah sakit sebagai apoteker atau manajer apotek, industri kesehatan sebagai apoteker, membuka apotek sendiri, industri makanan dan bahan-bahan logistik seperti shampoo, sabun, kosmetika, dsb. sebagai QA/QC atau formulator.

      Farmasi Obat dan Bahan Alam: Industri obat-obatan tradisional, industri jamu, industri bahan herbal, industri obat-obatan, makanan, dan logistik yang membutuhkan bahan herbal, dsb.

      Anda baru mau masuk tahun ini ya? Wah, kita seangkatan kalau begitu.

      Ikut SNMPTN? Ya, jika memang itu tujuan anda jangan gak pede gitu, hehe… Soal saingan, farmasi itu termasuk jurusan favorit, jadi wajar jika ada banyak sekali saingan. Tapi sekali lagi, jika itu tujuan anda, jgn mudah putus asa. ^_^

      • Manta, Hanni Maryam berkata:

        hehe.. thx a lot ya buat saran & infonya,
        ak lulus snmptn di farmasi ITB, udah mantep mau pilih jurusan farmasi klinik dan komunitas (FKK), supaya lebih siap kerja jd pharmacist di rumah sakit.. :)

  2. Dessi berkata:

    Emmm bgni q dtrma d teknik fisika it telkom tp dger2 nh ya fakultas it bru dbka thun ni.
    . .emm kr2 gmna ya?dambl ato nda?

    Bingung jg??kr2 prospek kdepan,x bgus nda ya??

    • joevaryan berkata:

      fisika teknik ya? perguruan tinggi yg membuka jurusan ini baru Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), jadi soal prospek, walaupun tidak banyak lapangan pekerjaan, tapi bisa sesuai dengan jumlah lulusannya yang baru sedikit.

      Itu semua kmbali lagi ke diri kamu, kamu hobi atau enggak di jurusan itu? Kalau minat kamu memang di fisika teknik, ya ambil aja. Saran saya ya jgn pikirkan dulu lah masalah pekerjaan. Semua jurusan punya prospek kok… Cuma trgantung diri kita aja, mampukah kita mengembangkan ilmu yg kita dapat di kuliah?

      Itu saja, semoga bisa membantu… ^_^

  3. victor berkata:

    Maaf kak joe,
    saya pengen numpang nanya, apakah jurusan biokimia dapat membuka usaha sendiri?
    lalu saya yakin bahwa jurusan MIPA kimia dan biokimia dapat bergelut di bidang farmasi, apakah kedua jurusan tersebut dapat menjadi apoteker?
    Apakah lulusan dari jurusan MIPA kimia dan biokimia dari luar negeri dapat menjadi apoteker di Indonesia?

    • Joevarian berkata:

      Gk perlu minta maaf, kamu kan gk salah, hehehe…

      Bidang farmasi disini berarti adalah perusahaan obat-obatan dengan berbagai posisi dalam bidang QA/QC. Posisi apoteker atau R&D hanya bisa ditempati oleh para lulusan farmasi.

      Profesi apoteker hanyalah dimiliki oleh lulusan farmasi. Mahasiswa di jurusan farmasi setelah 3 tahun biasanya menjalani kuliah profesi untuk mendapatkan gelar apoteker.

      Biokimia sangat mungkin berwiraswasta terutama untuk perusahaan perkebunan, makanan, atau pertanian.

  4. Sigit sulistiono berkata:

    Saya jurusan tekkim tahun ini di universitas negeri sultan ageng tirtayasa, cilegon banten., sya mw nanya aphkah jurusan ini mampu menjdi technopreneur alias pengusaha dalam hal ini, bidng kimia? Kalo bisa tolong beri conthnya??Truz apakah sulit lulusn tekim dri ptn yg kurang punya nama untk dilirk perushaan2 besar?? Eh iya ada ga sch anak teknik khususnya tekim yg lulus 3,5 tahun?? Pertanyaan terakhr, aphkah sya harus kursus bhasa inggris untk memperdalam dan mempermvdah sya untk memahami literatur2 yg sbgian besar dri luar? Maaf kalo sya bnyk tanya, maklum mahsswa bru thun ini.Hehe Atas perhatiannya trimakash…

    • Joevarian berkata:

      Maaf jika saya lama membalas.

      Untirta ya? Wah, banyak teman saya yang disana.
      Hmm. Pertanyaannya banyak sekali, tapi akan saya coba untuk menjawabnya.

      1. Yang paling dibutuhkan untuk berwiraswasta adalah soft skill, bukan hard skill. Jika kamu belajar chemical engineering, maka kamu mempelajari hard skill. Tapi dalam berwiraswasta, kamu harus melatih kemampuan bersosialisasi, berorganisasi, manajemen, dan pengembangan diri. Jika ingin berwiraswasta di bidang kimia kenapa tidak? Karena teknik kimia langsung menyentuh aspek industri.

      2. Hmm… Setahu saya teknik kimia itu memiliki bejibun lowongan pekerjaan. Mulai dari manajer QA/QC, sampai manajer R&D. Coba saja lihat lowongan kerja di koran kompas. Tidak masalah mengenai universitas terkenal atau tidak, satu hal yang paling penting adalah rasa percaya diri dan pikiran positif kamu. Jika hal ini sudah dimiliki, maka insya allah kamu sudah memiliki separuh dari masa depan yang cerah. Banyak lulusan universitas negeri yang terkenal justru kalah bersaing dengan lulusan universitas swasta karena kurangnya rasa percaya diri dan soft skill.

      3. Lulus 3.5 tahun tergantung kebijakan fakultas di sana. Kalau ada semester pendek, ya memungkinkan untuk lulus 3.5 tahun. Kalau tidak ada, minimal ya 4 tahun.

      4. Terkadang kursus tidak banyak memberikan hasil. Saya kok melihat banyak teman2 saya yang ikut kursus bahasa inggris justru tidak baik dalam bahasa inggris mereka. Saran saya ya kalau mau mengikuti kursus itu ya ikuti saja. Tapi sebelumnya, kamu harus memiliki kemauan yang kuat dan motivasi yang tinggi untuk bisa bahasa inggris. Kalau tidak memiliki kemauan, sebaiknya tidak usah kursus, karena hanya membuang2 waktu saja. Sering2 memperkaya vocab, dan mendengarkan lagu barat atau film bahasa inggris. Itu akan melatih pronunciation dan vocabulary kamu.

  5. dina berkata:

    lho koq gak ada yang tertarik dengan kimia murni ya………………………………..emang benar klo anak kimia murni itu gajinya recehan??????????????????????

    • Joevarian berkata:

      Salam Dina,,

      Gk Perlu kuatir, lulusan kimia murni banyak banged dipake kok di dunia industri. Nyatanya banyak lulusan kimia murni yang terpakai di posisi yang biasa ditempati oleh lulusan teknologi pangan dan teknik kimia. Kamu juga bisa berwiraswasta dengan membuat bahan-bahan kimia sendiri. Selain itu posisi untuk R&D juga banyak sekali ditempati oleh lulusan2 kimia MIPA.

      Hmm… Coba kamu baca postingan saya di link ini:

      http://joevaryanwords.wordpress.com/2009/06/05/mipa-dan-ilmuwan/

  6. ika berkata:

    waahh… saya kan sekarang kelas 3sma, bingung mau ambil kuliah jurusan apa.. terus, saya si tertarik sama kimia, nah, kalo di jurusan kimia itu ada cabang-cabang apa aja si ? terus PTN yang bagusnya dimana ya ? thx b4

    • Joevarian berkata:

      Hmm… Pertanyaan kamu ini pasti akan ditanyakan oleh semua orang yang menginjak bangku akhir SMA. Mau kemanakah saya??

      Saran saya, kamu coba perbanyak literatur dan informasi mengenai jurusan-jurusan di universitas dan galilah potensi mengenai diri kamu. Apa hobi kamu? Apa tujuan hidup kamu secara khusus? Apa kemampuan kamu? Dari situ biasanya bisa diketahui dimana bakat kamu. Kalau kamu masih belum tahu juga mengenai bakat kamu, maka ada baiknya kamu mencoba tes bakat dan kemampuan di lembaga-lembaga psikologi.

      Kalau memang minat kamu berada di ilmu kimia, masuklah ilmu kimia. Cabang-cabang dari ilmu kimia bisa kamu lihat di atas.

      Untuk jurusan kimia murni, yang terbaik berada di UGM (sudah mendapatkan akreditasi internasional).
      Untuk teknik kimia, yang terbaik adalah ITB (rata-rata teknik ITB mendapatkan peringkat 90 di seluruh dunia)
      Untuk farmasi, yang terbaik setahu saya ada di UI dan Universitas Pancasila (belum pasti loh… ^_^)

      Itu saja, semoga bisa membantu…

  7. cori berkata:

    izin bertanya,
    ka ilmu kimia dengan industri mesin ada hubungannya ga?

    • Joevarian berkata:

      Hmm… jika hubungan industri secara langsung mungkin tidak ada, tetapi secara tidak langsung, ya. Mudahnya, bukankah mesin dan instrumen sendiri juga terbuat dari bahan kimia? Sebaliknya, orang – orang kimia juga membutuhkan mesin-mesin yang diproduksi dari industri permesinan untuk laboratorium mereka.

  8. victor berkata:

    kak joe, apakah lulusan Farmasi dari luar negeri dapat izin untuk menjalankan praktek di indonesia?

    • Joevarian berkata:

      Setahu saya bisa, karena apoteker tidaklah murni hanya bekerja sebagai pembuat obat di apotek. Di luar negeri, kantin – kantin sekolahpun membutuhkan tenaga farmasi yang bekerja disana.

      tidak seperti profesi dokter yang tidak bisa bekerja di luar negeri atau lulusan dokter luar negeri yang tidak bisa bekerja di Indonesia sebagai dokter praktek. Tapi sebagai manajer di perusahaan kesehatan atau perusahaan dan lembaga yang membutuhkan tenaga kesehatan bisa.

  9. danis berkata:

    makasih yaa
    cuma aku pengen tau peringkat univ yg terbaik di bidang teknologi pangan

    • Joevarian berkata:

      Sama2 ^_^

      Sepengetahuan saya, jurusan teknologi pangan terbaik di PTN ada di Institut Pertanian Bogor (IPB). DI IPB, teknologi pangan sudah menjadi jurusan terfavorit sama halnya dengan jurusan pendidikan dokter di UGM.

      Jika kamu berminat masuk universitas swasta dan memiliki budget yang cukup besar, maka ambillah jurusan Food Technology di Universitas Pelita Harapan (UPH). Kabarnya bisa disandingkan dengan jurusan teknologi pangan IPB.

  10. tea berkata:

    kak joe, numpang nanya..
    gmna dgn ilmu gizi?
    apa tu jga prodi yg pnya prospek bgus?
    tyuz tar klo dah jd sarjana gizi tu isa lngsung krja ato da program profesi dlu?
    tQ b4:-)

    • Joevarian berkata:

      Maaf bgd kalo baru reply, udah jarang OL nigh…

      Ilmu gizi seperti yang sudah saya katakan di atas, termasuk jurusan masa depan di Indonesia menurut pendapat saya. Kamu bisa menjadi ahli gizi di rumah sakit, konsultan gizi di perusahaan, atau bisa juga berwiraswasta sebagai pengusaha catering, hotel, atau di masa depan bahkan kamu mungkin bisa jadi ahli gizi di kantin sekolah.

      Tidak, tidak ada program profesi untuk S.Gz.

  11. anne berkata:

    makasih bgt ya infonya.
    hmm.klo teknologi pangan itu g terlalu terkenal y jurusannya?

    • Joevarian berkata:

      teknologi pangan memang jurusan yang kurang populer dibandingkan kedokteran, teknik kimia, akuntansi, atau ilmu komputer.

      Tapi dalam segi fungsional, lulusan teknologi pangan sangatlah dibutuhkan di semua perusahaan makanan (contoh: nestle, danone, ABC heinz, dsb.)

  12. arif berkata:

    tolong donk minta di beri info universitas mana aja yang ada fakultas tsb.

  13. Rudy berkata:

    hai KK jo lam knal….
    Kira-kira passing gradenya berapa yah kalau mau masuk Statistika, atau Kimia UGM lewat UTUL UGM ?????
    Thankz….

    • Joevarian berkata:

      Hmm. Sebenarnya, tidak ada yang namanya passing grade. Yang ada hanyalah korelasi antara jumlah peminat, jumlah kursi tersedia, dan hasil dari ujian baik itu UM atau SNMPTN. Jadi, saran saya, jika kamu berminat di jurusan tertentu, perhatikan jumlah kursi dan jumlah peminat tahun lalu. Untuk kimia 2009, jumlah kursi yang ada dari seluruh program masuk UGM total sekitar 140 kursi.

  14. dhita berkata:

    kak joe. aq lagi bingung untuk memilih jurusan. aq pengen bgt masuk UGM, gtw knp pngn bgt. tp ka, aq juga ikut pmdk gizi-ipb. nah ka, antara gizi ipb n ugm itu bagus mana? n prospek kerjanya bagus mana ya?

    aq lg bingung aq pilih farmasi, gizi, atau tekim. aq mw masuk gizi, tapi aq kurang suka menghafal. seperti, aq lebih suka pelajaran fisika daripada biologi. gmn ya ka?

    oia, beasiswa di ugm ada untuk kedokteran ga ka? beasiswa disana tu mengenai hal apa aja ka?

    makasi banyak ya ka. mohon di bales.

    • Joevarian berkata:

      Perlu diketahui, IPB memiliki prodi Ilmu Gizi sementara UGM memiliki prodi Gizi Kesehatan. Gizi Kesehatan lebih memfokuskan pada gizi rumah sakit dan kesehatan, sementara ilmu gizi lebih umum.

      Yg dibutuhkan di farmasi, gizi, maupun teknik kimia adalah daya logika, penalaran, dan analisis yang tinggi. Jadi tanpa kemampuan menghafal yang baik pun kamu sudah bisa masuk ke-3 jurusan tersebut.

      Di UGM ada banyak sekali beasiswa, mulai dari yang di dalam negeri maupun luar negeri. Apalagi FK, karena FK UGM tahun ini masuk dalam peringkat 104 di seluruh dunia.

  15. dhita berkata:

    maaf itu, url-nya harusnya sainsitumudah.tk

  16. Rudy berkata:

    Ooooow…..
    KK berhasil menjawab berapa soal waktu UTUL 2009???? sekali lagi hanya untuk gambaran……
    truz nyari buku kumpulan Soal UTUL+pembahasannya dimana ya K??

  17. aQrie, berkata:

    Mau nanya ne. .
    Klau lulusan smk jurusan TI bsa masuk di jurusan farmasi gak. ?
    Soalnya saya kepengen masuk di farmasi ni. .
    Di skolah sih saya biasanya hanya blajar fisika doang ama IPA tantang lingkungan aja,karna saya ni skolah di smk jurusan TI. .Jadi gak ada biologi ama kimia.

    • Joevarian berkata:

      Jika kamu mengikuti ujian mandiri PTN dan SNMPTN, maka tidak masalah darimana kamu berasal. Tapi ada satu hal yang menarik bagi saya, kenapa kamu memilih SMK TI sementara minat kamu ada di bidang kimia?

  18. Boby berkata:

    saya mau tanya, saya sudah diterima di Analis Kimia IPB yang prgram d3 sbaiknya di ambil ga ya? trus untuk prospek kedepannya gimana bagus ga? Thanks

    • Joevarian berkata:

      Diambil atau tidak, itu semua tergantung kamu. Apakah kamu merasa ingin menjadi analis kimia? Atau kamu punya cita – cita lain?

      Prospek? Saya rasa sekarangpun sudah sangat berprospek. Coba kamu lihat koran. Banyak kan yang memerlukan analis kimia? ^_^

  19. AnNA berkata:

    Mao nanya nie..
    aq ru lulus SMA thn ini n mao ikut SNMPTN pi msh bingung meh ngabil jurusan apa..
    sbenere aq tu tertarik bgt ma jurusan farmasi pi kata orang klo farmasi tu kuliahnya mpe 8 th,apa bnar?? it yg mmbuatq bingung mao masuk farmasi atau gk..
    trus jurusan farmasi tu peluang kerjax seberapa besar???

    trima kasih sbelumx..

    • Joevarian berkata:

      Kalau kamu tertarik dengan jurusan farmasi, yo wess. ambil-lah.

      Soal kuliah, farmasi sama kok dengan jurusan – jurusan lainnya. 4-6 tahun. Ditambah dengan koasistensi (program profesi apoteker) selama 2 tahun. Soal lama atau tidaknya, saya pikir farmasi ini sama kok kayak kedokteran. Jadi cukup wajar kan?

      Lapangan pekerjaan? Hehe, gak usah saya sebutin deh. Terlalu banyak loh. Kamu lulus bisa langsung dapet kerja. Apalagi kalo kamu berasal dari PTN ternama.

  20. aNna berkata:

    siip..
    makasih kak atas informasix..
    sekarang dah mantep deh milih farmasi,hehe..
    muga2 bisa lolos snmptn jurusan farmasi di ugm,amiin..

  21. Azis berkata:

    Seru jga bca blognya..
    Nnya blh donk ka..hehe
    sya kterima d gundar grade 1 n juga dtrima di telkom, dua”nya bsa mlih jurusan apa aja..
    Ngrinya sya tmbus di tekim undip..
    Sbnernya sya ga tw jursan apa yg cocok wd sya, yg sya tw sya cma pngen kul d jurusn yg brprospek n gjinya gde..
    Kta guru bk c ktanya yg bgus t.elektro n tekim alhasil yah sya ikut sertakan kdua prodi trsebut di ugm, ui, n undip..
    Yah alhmdulilah sja n akhirnya dbyarlah uang adm di undip..
    Tpi dnger” elektro tlkom n sistem infrmasi gundar itu pling bgus d indo..
    N tekim undip tu cma rngking k 3 indo..
    Mm jdi bngung, mnta pncerahannya donk ka cz pndftran trakir telkom n gundar msih sbulan lgi..

    • Joevarian berkata:

      Sebelumnya saya ingin mengucapkan selamat ke kamu, karena sudah diterima di berbagai bangku PT yang diidam – idamkan orang.

      Sebenarnya itu semua tergantung kamu untuk memilih. Saran saya, walaupun tekkim UNDIP berada di peringkat ke – 3, Negeri tetaplah negeri. Kamu pasti akan lebih diperhitungkan jika kamu sudah lulus nanti.

      Tapi, apabila minat kamu lebih ke sistem informasi atau T. Elektro, maka saya harus menyarankan kamu untuk masuk ke Gundar atau IT Telkom.

  22. Rasyid berkata:

    Kak teknik kimia upn jogja bagus gak?alumni nya banyak diakui perusahaan gak?apa aja yg kakak tw tentang tekim upn jogja?apakah benar anak tekim byk yg lama lulusnya krn materi pelajarannya yg susah?

    • Joevarian berkata:

      Ada satu teman saya yang berada di sana (tekkim UPN). Setahu saya, di Yogyakarta, Teknik UPN lumayan diperhitungkan dan lulusannya pun juga cukup berkualitas.

      Soal bagaimana kuliahnya, jangan terlalu memusingkan dulu susah atau mudahnya. Apabila kamu sudah memiliki minat yang tinggi di ilmu eksakta, maka jurusan – jurusan teknik tidaklah terlalu sulit bagimu.

  23. putri andini berkata:

    buat adik2 semua masuklah teknik pangan lewat snmptn oke aku tunggu di unpad

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s