Pembahasan Jurusan-Jurusan Intrapersonal di Universitas


Kali ini saya akan membahas mengenai jurusan-jurusan yang cocok dan tepat bagi orang-orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal. Orang-orang intrapersonal adalah orang yang biasanya memiliki rasa simpati dan perhatian terhadap orang lain. Ciri-ciri orang yang memiliki kecerdasan ini diantaranya adalah sering mengintrospeksi diri, pemalu, pendiam, religius, dan biasanya menjadi tempat curahan hati orang lain.

Apa yang saya tulis di bawah ini adalah berdasarkan pendapat, pengetahuan dan pengamatan saya semata, oleh karena itu sebelumnya saya minta maaf jika ada kesalahan… ^_^

1. Psikologi
Psychology

Keterangan: Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat kejiwaan manusia baik itu normal maupun tidak normal. Ketidaknormalan kejiwaan seseorang lebih dalam dipelajari di ilmu psikiatri, bukan psikologi. Di Indonesia, jurusan psikologi di universitas terbagi atas 2 kelompok yaitu IPA dan IPS. Psikologi IPA lebih menekankan penelitian, survei dan eksperimen pada manusia sementara IPS lebih condong ke konseling dan pendidikan. Sarjana psikologi akan mendapatkan gelar Sarjana Psikologi (S.Psi).

Prospek Kerja: Prospeknya cerah di kota-kota besar akan tetapi di Indonesia seringkali dianggap sebagai profesi yang tidak terlalu dibutuhkan, walaupun di negara-negara maju psikolog sangat diperlukan dalam industri, rumah sakit, maupun lembaga-lembaga. Jika mengambil S-2 profesi psikolog, maka bisa bekerja di dunia perkantoran sebagai Manajer HRD atau Manajer Personalia, konsultan pendidikan, psikolog rumah sakit, atau membuka jasa psikolog.

Modal Utama: Dikatakan bahwa pembelajaran di jurusan psikologi akan lebih efektif jika mahasiswa memiliki kemampuan bahasa inggris dan matematika yang baik. Ini dikarenakan diperlukannya daya analisis terhadap problem solving dan banyaknya penggunaan istilah-istilah bahasa inggris di bidang psikologi. Rasa simpatik, kemampuan komunikasi yang baik,  dan rasa perhatian terhadap masalah juga menjadi nilai plus di jurusan ini.

2. Filsafat
Philosophy

Keterangan: Filsafat berawal dari rasa heran manusia terhadap fenomena yang terjadi di dalam kehidupan. Filsafat mempelajari hakikat dari segala sesuatu dan kehidupan serta pemikiran manusia. Filsafat terbagi diantaranya adalah filsafat barat, filsafat timur, filsafat Islam, dan Teologi. Filsafat secara umum mempelajari pemikiran-pemikiran mengenai Manusia, Alam, Tuhan, dan kehidupan yang terbagi ke dalam cabang diantaranya adalah etika, logika, metafisika, filsafat sains, dsb. Sarjana Filsafat akan mendapatkan gelar S. Fil

Prospek Kerja: Filsafat mempelajari dasar-dasar dari segala sesuatu dan melatih kita bersikap bijak, oleh karena itu seharusnya lulusan filsafat bisa menempati berbagai posisi di berbagai bidang. Akan tetapi di Indonesia kebanyakan lulusan jurusan filsafat biasanya menjadi penulis, jurnalis, atau jika mengambil kekhususan agama menjadi kyai atau pendeta.

Modal Utama: Memiliki pemikiran yang kritis terhadap segala sesuatu. Senang mengintrospeksi diri dan memahami sifat-sifat manusia. Memiliki kemampuan menulis akan menjadi modal yang sangat baik di jurusan ini.  Juga senang merenung dan memperhatikan gejala-gejala atau fenomena-fenomena di sekitar lingkungan.

3. Ilmu Pendidikan
Educational Science

Keterangan: Jurusan Ilmu Pendidikan adalah jurusan yang merancang para mahasiswanya untuk menjadi guru sekolah, guru khusus, atau pejabat-pejabat pendidikan. Ada beragam sekali jurusan ilmu pendidikan yang bisa dipilih tergantung dari tujuan pengajaran, misal jurusan pendidikan matematika akan menjadi guru matematika, jurusan pendidikan sejarah akan menjadi guru sejarah, dsb. Prospek kerja adalah menjadi guru sekolah dari tingkat SD sd. SMA. Sarjana pendidikan akan mendapatkan gelar S. Pd. Disini yang akan saya fokuskan adalah jurusan pendidikan yang tidak umum seperti  Pendidikan Luar biasa, Pendidikan Luar Sekolah, dan Teknologi Pendidikan.

  • Pendidikan Luar Biasa: Mempelajari bagaimana caranya mendidik anak-anak yang memiliki keterbatasan baik fisik maupun mental seperti tunarungu, tunadaksa, tunagrahita, dsb.
  • Pendidikan Luar Sekolah: Mempelajari bagaimana caranya mendidik anak-anak selain di lingkungan sekolah. Mempelajari cara-cara mengelola kegiatan, mengembangkan pengajaran, dan memotivasi anak-anak di luar sekolah.
  • Teknologi Pendidikan: Mempelajari kurikulum dan pengembangan pendidikan serta penerapan teknologi dalam bidang pendidikan. Lulusannya diharapkan bisa menjadi garda depan dalam pengembangan pendidikan khususnya di Indonesia.

Prospek Kerja: Menjadi tenaga pengajar di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah baik negeri maupun swasta, pengajar bimbingan belajar, editor buku, kepala sekolah, atau pejabat dan tenaga pendidikan di Instansi baik Pemerintah maupun Swasta. Intinya, akan terus ada regenerasi oleh karena itu tenaga pendidikan akan selalu dibutuhkan.

Modal Utama: Siap menghadapi tekanan karena profesi guru seringkali dianggap sebelah mata. Memiliki rasa loyalitas yang kuat dan keinginan untuk mengabdi yang tinggi. Suka dengan anak-anak dan kreatif juga menjadi nilai plus di jurusan ini. Satu hal yang perlu diingat, guru adalah pekerjaan yang mulia.

4. Ilmu Keperawatan
Nursery

Keterangan: Tugas seorang perawat tidaklah hanya untuk menjadi suster di rumah sakit. Dalam ilmu keperawatan, seorang ners bertugas untuk membantu seseorang baik itu sakit maupun sehat. Bantuan bisa berupa memberikan bantuan sumbangan, bantuan pelayanan, dsb. Banyak yang mengatakan seorang suster hanyalah sebagai pembantu dokter, tapi seorang suster sebenarnya bisa mengajukan rencana-rencananya sendiri untuk dipertimbangkan oleh dokter. Ilmu keperawatan diantaranya mempelajari keperawatan bedah, keperawatan maternitas, keperawatan anak, keperawatan jiwa, dsb. Sarjana Keperawatan akan mendapatkan gelar S. Kep dan gelar profesi Ners (Ns.).

Prospek Kerja: Cukup luas karena selain bisa berkiprah sebagai ners atau kepala suster, atau manajer rumah sakit di rumah sakit Negeri maupun Swasta, lulusan Ilmu Keperawatan juga bisa menempati posisi-posisi di bidang sosial seperti di Lembaga-lembaga sosial, Panti Asuhan, Panti Jompo, Rumah Sakit Jiwa, Melayani keluarga pribadi, dsb.

Modal Utama: Memiliki rasa simpatik yang tinggi dan rasa ingin membantu dan merasakan penderitaan orang lain yang kuat. Disini juga dituntut untuk memiliki sikap disiplin karena banyaknya aturan yang harus ditaati. Selain itu, kemampuan komunikasi dan kemampuan berpikir dengan baik juga menjadi nilai tambah di jurusan ini.

Tentang Joevarian

Just an ordinary boy (or guy maybe? whatever!) who dreams for some unordinary things...
Tulisan ini dipublikasikan di Humanities & Arts, The Words dan tag . Tandai permalink.

25 Balasan ke Pembahasan Jurusan-Jurusan Intrapersonal di Universitas

  1. areeavicenna berkata:

    Hmm… gituw ya..
    Thanks for sharing. Membantu bgt **masalah psikologi nya palagi**
    Top gan !!

    keep posting !!
    -Salam Blogwalking-

    • joevaryan berkata:

      Waduh, terima kasih sekali nigh atas pujiannya. Senang bisa membantu, rasanya tidak bisa diungkapkan dgn kata2… (wkwkwwk, puitis bgd ya gw…)

      Sering2 ya berkunjung ke blog saya, hehehe…

  2. Savita berkata:

    Aq Bingung Ne. . . .
    da KelAs XII tapi masih puyeng masalah jurusan kul apa yang bakal aq ambil abiz ne. . . .

    Otakq pas-pasan dibidang eksak. . .
    tapi yang terlalu bodoh juga ce. . .
    disekulq hanya ada jurusan IPA, jadi, mau g’ mau aq harus berkutat dengan pelajaran eksak tiap hari. . .

    Aq sedikit tertarik Ama dunia psikologi, dan semua yang berhubungan dengan dunia sosial. . .
    Aq lebuih suka ngobrol, jalan-jalan, dan mempelajari tentang kehidupan didunia luar dari pada berkutat d dalam LAB.

    gmn ne???

    Bisa mnta bantuan kasih solusi kan????

    Thx Be4. . .

    • Joevarian berkata:

      Hehe, keuntungan masuk di jurusan IPA adalah kamu bisa memilih jurusan apapun di bangku kuliah. Baik itu jurusan IPA maupun IPS. Tapi jika memang kamu berminat masuk IPS, saran saya cuma satu untuk SNMPTN, banyak2 informasi, strategi, dan pengetahuan umum. Catet! Pengetahuan umum, tidak perlu terlalu khusus.

      Dari apa yang kamu katakan di atas, sepertinya kamu tertarik masuk ke dunia sosial dan humaniora. Oleh karena itu, ini jurusan yang saya sarankan:

      1. Ilmu Komunikasi. Kamu mengatakan bahwa kamu senang berbicara, mengobrol, dan jalan-jalan. Well, semua itu bisa kamu dapat disini mulai dari mata kuliahnya, sampai karir yang dijanjikan nantinya.

      2. Sosiologi/Sosiatri. Saya rasa kamu punya minat di dunia sosial yang besar. CMIIW ^^

      3. Psikologi?? Jika kamu memang minat, maka masuklah jurusan ini. Tapi perlu saya katakan, jurusan psikologi sangat cocok untuk orang-orang yang simpatik, dan pendengar yang baik. Coba teliti lagi, bakatmu ada di interpersonal atau intrapersonal??

  3. Adhani Idulinda berkata:

    Wah makasih banget infonya ya!Soalna q lagi bingung banget nie,q Adhani sekarang kelas 10 SMA q bingung bangetnie milih masuk IPA/IPS cox cita-cita q yang masih suka ganti-ganti.Klo baca dari tulisan diatas shi rasanya aku memang tipe orang ‘intrapersonal’ cox ciri-cirinya banyak yang klop sama aku.Kira-kira ada pilihan lain gak ya buat orang tipe kayak aku ini?Trus kasih aku pandangan donk buat milih antara jurusan IPA/IPS dengan sifat dan tipe kecerdasan interpersonal q ini.Thanks banget ya bantuannya!

    • Joevarian berkata:

      Orang – orang dengan kecerdasan intrapersonal cenderung memahami mengenai sifat – sifat diri sendiri lebih dari yg lain. Jurusan yang terbaik untuk orang – orang intrapersonal memang jurusan – jurusan di atas. Tapi semua tergantung minat dan hobi kamu sendiri.

      Sekedar pengalaman, dulu sewaktu masih di kelas 10, saya memiliki cita – cita untuk menjadi seorang dokter. Tapi cita – cita itu telah berubah total skearang, karena ternyata saya sangat berminat di jurusan IPS. Jadi, untuk sekarang, kamu jalani saja dulu studi kamu. Seiring dengan itu, kamu akan menemukan sendiri minat dan bakat kamu.

  4. Jane berkata:

    kasih saran donk, aq lg bingung nih…
    aq skrg sma kls XI IPA, aq pngen bgt msuk jur.kedokteran…
    tapi, aq agak kurang di bidang eksak kalo biologi aq suka banget dan nilainya memuaskan…
    Gimana tuh strateginya supaya aq bisa lulus pas SNMPTN utk jurusan kedokteran…
    thanks yah jawabannya….

    • Joevarian berkata:

      Strategi untuk lulus biasanya tergantung pada diri kamu sendiri.

      Seberapa besar keyakinan kamu untuk lulus? Seberapa besar usaha kamu untuk mendapatkan apa yang kamu raih?

      Faktor yang penting untuk kamu ingat adalah keyakinan terhadap diri kamu untuk lulus. Jika hal ini telah kamu penuhi, otomatis kamu pasti akan termotivasi untuk berusaha dan berdoa.

  5. rima berkata:

    jurusan rumah sakit bwt ips tu sprti pa? dan pekerjaan’a bsa jd pa?

    • Joevarian berkata:

      Jurusan rumah sakit untuk IPS? Saya pikir tidak ada yang namanya jurusan rumah sakit.

      Apa maksud kamu untuk SNMPTN? Kalau untuk SNMPTN, tidak peduli kamu dari lulusan IPS atau IPA, kamu bisa masuk ke jurusan – jurusan medical kok.

  6. Indy berkata:

    Q msh bnGung , . Q udah lu2s SMA jrSn IPS, aq gak suka itung”an . PKn dan sosiologi aq trtarik tapi daya hafal q krang, PKn bnyk psal” yang otmts bnyk hfalan dan sosio bnyak pngrtian” yang kdang membngungkn, aq hrus ngMbil jurSn pa ya s0alnya q oRang’a gk mw rbet gk mw yg itUng”n dan mNghfl q pelupa org’a? Tp q jg agak trTrik dgn pend. Luar biasa. . Apa pend LB c0″k dgn krteria sya?

    • Joevarian berkata:

      Kalau soal daya hafal kurang, gk masalah kok sebenernya. Di jurusan PKN atau sosiologi gk diwajibin untuk itu. Kalau kamu udah ada ketertarikan, sebenernya udah cukup mudah lho. Gk perlu ada kemampuan khusus kalau minat udah cukup.

  7. Bram berkata:

    saya mau daftar ilmu filsafat UI lewat jalur UMB, sebenarnya sih sesuai dengan hasil psikologi saya yaitu intrapersonal…yang saya sedang pikirkan,prospek kerja lulusan filsafat itu bagaiamana?mohon bantuannya,terina kasih

    • Joevarian berkata:

      Sebenarnya sesuai kok, dengan yang ditulis diatas. Asal kamu yakin, sebenarnya kerjaan itu gk masalah kok. Soal kerjaan memang gk terlalu banyak, tapi kamu tau? Kepala Badan Intelijen Negara saat ini dipegang oleh lulusan sarjana filsafat. Sebagai orang filsafat, kamu akan menjadi bijak dalam melihat kehidupan dan kebenaran, jadi kamu bisa masuk ke berbagai aspek kehidupan dan pekerjaan. Saran saya, kenapa kamu gk mencoba untuk entrepreneur?

  8. Indy berkata:

    Mksih ya . . Tp da yg mNgGanjal laGi niH, q jGa pnGen jrSn pEnd bHs iNgGris, tp bhs iNgGris q krang ada ktkuTan kLau q nNti pResentasi / apa lah pke bhs ingGris q mlah gak bsa malu”in dEh . . Kalau hrus mliH PKN/S0SIO/Bhs IngGrs pliH mana y? (smWnya jrSan kpenDidikn)

    • Joevarian berkata:

      Saya acungi jempol karena kamu sudah berniat untuk menjadi guru. Guru itu pekerjaan yang mulia, lho.

      Tapi saran saya, kamu jangan terlalu memikirkan dulu bagaimana kuliah kamu nanti. Sejujurnya, berdasarkan pengamatan saya, kuliah itu gak ada yang mudah kok. Semua punya tantangan masing – masing. Tinggal bagaimana kamu mengatur diri kamu dan melakukan manajemen terhadap diri kamu.

      Saran saya, pilihlah yang paling paling paling kamu minati.

  9. melissa anindita berkata:

    halo, nama saya melisa anindita, saya sekaramg kelas XI IPA, dan sebentar lagi saya akan memasuki kelas XII, saya terus didesak orang tua dengan pertanyaan tentang karir saya, sedangkan saya bingung mau ambil jurusan apa yang cocok buat saya. saya sempat mengikuti tes DMI, dan hasilnya kemampuan pertama saya di intrapersonal, lalu ditingkat kedua adalah kemampuan interpersonal. saya suka sekali pelajaran biologi, matematika, teknologi informasi dan komunikasi. tapi saya tak begitu paham pelajaran fisika dan kimia.
    saya akui saya orang yang pendiam dan tertutup, tapi saya senang apabila teman teman saya selalu curhat dengan saya dan mereka selalu senang apabila saya memberikan jalan keluar/solusi.
    saya mengerti akan kelebihan dan kekurangan saya. saya juga mudah bergaul. dan saya selalu memandang sesuatu dengan logika. saya mudah beradaptasai dengan lingkungan manapun, tetapi saya mudah sekali berubah pikiran/kurang punya pendirian (kurang konsisten), dan saya bersikap netral, suka memandang masalah dari berbagai sudut pandang.
    saya orangnya ceria, dan penuh semangat, mungkin itulah sebab teman teman saya nyaman terhadap saya. saya suka ngobrol, main dengan teman teman.

    kira kira, jurusan dan prospek pekerjaan apa yang pas dengan saya ?

    • Joevarian berkata:

      Orang – orang intrapersonal memiliki bakat khusus untuk mengetahui karakter dan kepribadian diri sendiri dengan lebih mendalam, sehingga mereka memiliki pemikiran yang filosofis, puitis, dan penuh perasaan. Ini juga sebabnya mereka memiliki sensitivitas dan rasa simpati yang cukup tinggi terhadap orang lain. Dan kamu nampaknya sudah cukup menyadari hal itu. Teman – temanmu senang sekali bercerita pada kamu mengenai masalah mereka, berarti kamu memiliki bakat alamiah dalam bidang psikologi dan filsafat. Kemampuan kedua kamu ada di interpersonal, yang berarti kamu adalah seorang makhluk sosial yang sempurna dari segi sosial. Kamu memiliki pengetahuan mendalam terhadap diri sendiri juga orang lain.

      Kamu senang sekali dengan biologi, teknologi informatika, dan ilmu komunikasi?

      Saran saya, karena kamu punya keahlian di bidang intrapersonal, maka:
      1. Kedokteran umum: ambil ini di S-1, jika kamu suka dengan biologi. Di S-2 spesialis, kamu ambil spesialis kejiwaan. Kemampuan interpersonal juga dibutuhkan lho, untuk komunikasi yang baik dengan pasien.
      2. Komunikasi: jika kamu memang suka dengan teknologi dan komunikasi. Disini juga akan banyak dilatih sikap interpersonal kamu. Tapi hati – hati. Kalau kamu cenderung introvert dan tidak menyukai kelompok besar, jurusan ini kurang begitu cocok untukmu. Tapi bagaimanapun, kamu harus punya motivasi untuk mengubah ketertutupanmu.
      3. Matematika MIPA, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Teknologi Informatika: Kalau kamu memang memiliki minat yang tinggi di informatika dan matematika.
      4. Psikologi, filsafat: jika sesuai dengan bakat kamu (intrapersonal dan interpersonal). Tapi kalau kamu tidak berminat, abaikan saja.

      Kamu perlu ingat, tidak paham fisika dan kimia bukan berarti tidak bisa. Kamu bisa asal kamu memiliki motivasi yang kuat. Karena kamu sudah memiliki basic matematika, maka akan lebih mudah memahami fisika dan kimia.

      Dan kamu perlu tahu, bahwa bakat kamu di kedua bidang ini (intra dan inter) bisa membawa kamu ke kesuksesan. Percayalah pada dirimu sendiri.

  10. melissa anindita berkata:

    mohon dibalas segera, saya butuh sekali masukan dari anda ..

  11. Sebastian berkata:

    Wah bagus sekali forum ini Joe. Saya juga mau bertanya nih profesi apa ya yang terbaik untuk saya bila:
    intrapersonal saya 80%, linguistik 50%, kinestetik 80%, spasial 40% mengenai intrerpersonal saya memang agak lemah sehingga saya kurang banyak bergaul tetapi saya memang sedang mencari alasan kuat bagaimana supaya saya termotivasi untuk menjadi pendidik sebab saya seorang kutu buku yang sering merenungi hal ihwal kehidupan. Thank for your answer.
    “Beritahu saya tulisan tulisan baru melalui email saya ya…”

    • Joevarian berkata:

      intrapersonal: 80% => Psikologi, filsafat, jurnalistik, ilmu pendidikan
      kinestetik: 80% => Ilmu Keolahragaan, Kehutanan, dan jurusan – jurusan yang banyak bergerak di outdoor
      Spasial: 40% => Hmm… Sebaiknya jangan terlalu diandalkan
      Linguistik: 50% => Utamakan di Intrapersonal dan Kinestetik, karena bakat dominan kamu ada disitu. Tapi berhubung kamu adalah kutu buku, maka saya menyarankan jurusan – jursan sosial politik, ilmu budaya, filsafat

  12. sobirin berkata:

    Makasih ya dengan blog anda, saya sebagai orang tua merasa tanang dan sedikit tahu akan prospek masa depan anak kami yang sekarng ini tbaru saja diterima lewat jalur SMPTN2010 pada jurusan Biologi Unsud dan Pendidikan Luar sekolah UNJ JAKARTA, untuk itu dalam kesemparan ini saya mau bertanya, sebaiknya Mana yang diambil untuk anak saya.
    Anak saya Laki2 usia 16.5 th dengan nilai uan 49,30

    • Joevarian berkata:

      Terima kasih Pak Sobiri, atas pujiannya. Saya merasa tersanjung karena hal – hal yang saya tulis sudah sampai ke mata orangtua seperti bapak.

      Selamat ya pak, karena bapak sudah berhasil mendidik anak – anak bapak sehingga mereka bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri yang banyak difavoritkan orang – orang. Walaupun bukan jurusan favorit, tapi apabila mereka bersungguh – sungguh, yakinlah bahwa mereka akan berhasil.

      Nilai UAN yang cukup tinggi, pak. Cobalah untuk memotivasi anak bapak untuk mengembangkan minatnya. Apabila minatnya sudah terlihat di bidang tertentu, motivasikanlah ia untuk masuk di jurusan yang berhubungan dengan minatnya itu.

  13. melissa anindita berkata:

    makasih ya atas masukannya :)
    aku sekarang yakin sama jurusan pendidikan dokter, ilmu keperawatan, atau psikologi .
    kira-kira apa menurutmu ?
    sudah bagus kah pilihan saya itu ?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s