Kiat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri


Assalamualaikum wr wb.

Udah pernah baca buku “The Power of Positive Thinking for Young People” (Berpikir Positif untuk Remaja) karya Norman Vincent Peale? Buat kalian yang ngerasa ga pede, demam panggung, atau ngerasa diri kalian introvert, saya bener-bener nyaranin sekarang juga kalian pergi beli buku itu. Kenapa? Saya sendiri dulu juga seorang yang amat sangat kuper, ga pernah pede, inferior (terlalu rendah diri), n kutu buku abis. Tapi berkat bukunya Pak Norman Vincent, sikap-sikap yang tadi saya sebutin diatas mulai berkurang sedikit demi sedikit. Sekarang saya menjadi jauh lebih percaya diri walaupun masih ada sikap-sikap orang introvert yang masih melekat dalam diri saya (gak semua sifat orang introvert itu buruk loh). Di posting ini saya ingin memberikan saran-saran buat temen-temen senasib yang mau berubah dan mau keluar dari sifat ga pede dan sisi-sisi negatif orang introvert. Saran – saran ini hanya efektif untuk orang – orang yang benar – benar memiliki rasa tidak percaya diri.

Sifat-sifat terlalu rendah diri, demam panggung, kurang pergaulan, dan sejenisnya rasanya emang menghancurkan hidup kita banget Saya tahu karena dulu saya mengalaminya). Sikap-sikap yang kayak gitu seringkali  membuat kita diketawain orang, diremehin orang, dikatain culun atau cupu, juga dijauhin orang. Akibatnya, kita malah jadi semakin membenci diri kita sendiri dan jadi tambah ngerasa ga pede. Kalo udah begitu, jangan diem aja dan gak ngelakuin apa-apa. Cobalah berusaha untuk mengubah sifat-sifat kayak gitu. Motivasikan diri kalian untuk mengubah diri kalian sendiri. Lakukan sekarang juga! Karena jika bukan kita maka siapa lagi yang bisa mengubah diri kita sendiri?

Dibawah ini adalah hal-hal yang saya lakukan untuk mengubah sifat kurang percaya diri dalam diri saya. Saya menggunakan langkah-langkah dibawah ini dan hasilnya,saya sudah tidak se-kuper dan se-inferior dulu. Cobalah melakukannya sepulang kalian membaca posting ini. Saran– saran ini sangat efektif untuk kalian para remaja yang benar – benar memiliki rasa tidak percaya diri.

1. Motivasikan

Kita tahu kalau kita adalah orang yang pemalu, orang yang tidak punya rasa percaya diri, tidak bisa mengutarakan pendapat, dan selalu rendah diri dan mengalah pada orang lain. Kita tahu kita punya sifat-sifat seperti itu, tapi kita mengatakan pada diri kita bahwa sifat – sifat itu memang sifat-sifat kita sejak lahir atau sifat – sifat yang diakibatkan oleh lingkungan sekitar kita dan tidak ada satupun cara untuk mengubahnya. Tidak, jangan berpikir begitu. Pikiran pesimis semacam itu menghambat kemajuan kita dan meracuni pikiran kita. Sebaliknya, cobalah berpikir bahwa sifat-sifat seperti itu bisa diubah asalkan kita mau melakukannya. Pak Norman Vincent Peale dalam bukunya mengatakan:

“Bagaimana mungkin kita bisa berhasil jika dalam kepala kita saja sudah tergambar kegagalan?”

Dengan berpikir bahwa kita membutuhkan perubahan dalam diri kita dan kita yakin kalau kita akan berhasil, maka secara tidak langsung kita sudah termotivasi untuk lebih percaya diri. Teruslah kembangkan motivasi kalian. Bayangkan bagaimana rasanya jika anda menjadi orang yang percaya diri. Bayangkan jika nanti kalian punya banyak teman. Bayangkan kalian bisa membawakan pidato di depan umum. Bayangkan kalian akan menjadi orang yang populer. Jangan terus – terusan pesimis. Jangan takut gagal. Ingatlah selalu bahwa kegagalan merupakan awal keberhasilan. Kuatkan motivasi kalian dan bergeraklah menuju langkah ke-2.

2. Realisasikan

Kalian sudah tahu bahwa diri kalian membutuhkan perubahan. Kalian sudah tahu bahwa jika kalian tidak berubah, maka kalian akan tetap menjadi pribadi yang kurang pede, kurang pergaulan, dsb. Sekarang, realisasikanlah motivasi kalian. Bagaimana caranya? Ada banyak sekali cara. Jika kalian surfing ke search engine dan mengetik “kiat untuk meningkatkan rasa percaya diri”, atau membeli buku “Berpikir Positif untuk Remaja”, sadar atau tidak sadar kalian sudah memulai langkah kedua. Ini berarti kalian sudah termotivasi dan mencoba mencari jalan keluar dari permasalahan yang menimpa kalian. That;s Good! Jika kalian mau, cobalah konsultasikan kepada orang – orang yang mengerti masalah psikologi atau orang – orang yang kalian pikir bisa menyelesaikan masalah kalian seperti guru, dosen, orangtua, psikolog, dsb. Jangan berkonsultasi dengan teman – teman seumuran dengan kalian karena kemungkinan besar mereka tidak akan terlalu mengerti. Tapi jika kalian masih belum berani untuk berkonsultasi, kembalilah ke buku – buku atau artikel – artikel yang memuat permasalahan yang kalian hadapi. Baca, hayati, dan lakukan apa yang diperintahkan buku – buku itu. Jangan hanya mencari satu buku atau satu artikel saja. Carilah sebanyak mungkin buku atau artikel yang kalian anggap sesuai dengan permasalahan kalian karena setiap penulis punya pendapat yang berbeda. Dengan begitu kalian juga akan punya beragam cara untuk mengubah diri kalian. Jangan menjadi bingung karena terlalu banyak cara yang ditawarkan penulis – penulis buku – buku itu. Pilihlah saran – saran yang kalian anggap paling mudah dilakukan dan paling sesuai dengan diri kalian. Carilah buku – buku bestseller atau pernah direkomendasikan. Larilah segera ke toko buku sekarang dan lihat rak untuk buku – buku psikologi. Adapun buku yang saya sarankan: Berpikir Positif untuk Remaja (Norman Vincent Peale) seperti yang sudah saya sebutkan di atas. Untuk selanjutnya, kalian bisa memilih berhenti disini dan mulai ke toko buku mencari buku – buku rekomendasi saya atau memilih melanjutkan membaca posting saya ini. Saya menawarkan pilihan ini karena sudah pasti saran – saran yang ditulis oleh psikolog terkemuka jauh lebih profesional daripada postingan saya ini. Walaupun begitu, saya merubah sifat saya dengan cara – cara yang saya tulis di posting ini. Yaah, tetapi setiap orang berbeda. Bagaimanapun, the choice is up to you. ^_^

3. Mulailah Berubah

Saran – saran yang bisa saya berikan pada anda untuk mengatasi rasa tidak percaya diri diantaranya:

  1. Teruslah berpikir positif dan jangan pernah berpikir negatif. Setiap kali pikiran negatif hinggap di kepala kalian, lawanlah dengan pikiran – pikiran positif. Misalkan saja sewaktu kalian ditunjuk sebagai pembaca Pembukaan UUD 1945 dalam upacara sekolah, jangan berpikir kalian tidak akan bisa melakukannya dan menolak tugas tersebut. Ambillah tugas tersebut dan terus katakan kalimat ini dalam hati: “SAYA BISA! SAYA BISA! SAYA BISA!” Jangan turuti pikiran negatif kalian dan jangan biarkan pikiran negatif masuk kedalam pikiran kalian. Pak Norman Vincent dalam bukunya menyarankan untuk melawan pikiran negatif dengan mengatakan 2 kalimat ini di dalam hati: “Jika Tuhan (agama masing2) Bersama Saya, Segalanya Bisa Saya Lakukan! Jika Tuhan Bersama Saya, Siapa yang Bisa Menghalangi Saya?!”
  2. Jangan melihat kesulitan secara berlebihan. Saya pernah melihat seseorang yang tidak mau memecahkan masalahnya sendiri karena masalah itu dia anggap sulit sekali dan dalam imajinasinya dia tambahkan hal – hal yang semakin menyulitkan dia. Akhirnya, orang itu cenderung selalu berpikir negatif dan seringkali lari atau menjadi stress dari permasalahan yang dia hadapi. Ingat! Masalah ada bukan untuk dipikirkan. Masalah ada untuk diselesaikan dan dalam penyelesaiannya, sangat baik apabila kita berpikir kalau masalah yang kita hadapi sebenarnya tidak sulit. Carilah kemudahan – kemudahan dalam masalah kalian. Misalnya, jika kita diajar oleh guru yang menurut kita sama sekali tidak punya kemampuan mengajar, jangan berpikir kalau kita pasti akan jadi bodoh jika diajar dia dan nilai ulangan kita pasti bakal jelek. Pikirkan apapun hal – hal yang menyenangkan dari guru tersebut. Jika tidak ada, pikirkan saja bahwa saya ke sekolah untuk belajar, dan saya tidak akan membiarkan bapak/ibu guru menghalangi saya mendapat nilai baik. Ada juga orang yang selalu mengatakan bahwa betapa tidak bahagianya dia ini. Dia tidak lulus UMPTN, orangtua-nya tidak bisa membiayai kuliahnya, ditinggal pacar, ditambah lagi ia dijauhi oleh teman – temannya. Dia sering mengatakan bahwa ia seperti sudah tidak disayang lagi oleh Tuhan dan semua orang. Rasanya menurut dia kehidupan semakin berat saja. Nah, dalam hal ini tentu saja dia harus berpikir positif. Masalah yang ada jangan diberat – beratkan. Cobalah rileks dan pikirkan bahwa masalah itu sebenarnya lebih ringan. Pikirkan bahwa masih ada tahun depan untuk UMPTN yang tidak memungut biaya, masih banyak beasiswa yang bisa saya raih, tidak masalah jika teman – teman saya menjauhi saya asal saya masih menyayangi mereka. Ini akan berdampak besar pada sikap kita. Percayalah!
  3. Selalu berkata yang positif. Misalnya, jangan pernah berkata: “Pasti hari ini saya akan sial.” Atau “aku tidak akan pernah bisa melakukan apa – apa.” Katakanlah: “Hari ini pasti akan sangat menggembirakan.” Atau “Aku bisa melakukan apa saja jika Allah bersama saya.” Jangan sekali – sekali terlibat dalam obrolan yang negatif. Bergosip, Gibah, atau pembicaraan yang memudarkan semangat kita adalah termasuk obrolan yang negatif. Ingat ini! Karena obrolan yang negatif akan menarik hal – hal yang negatif pula.
  4. Berjalanlah dengan tegap dan santai. Jika kita berjalan dengan santai dan tegap, maka secara otomatis kita akan lebih merasa percaya diri daripada sewaktu kita berjalan dalam keadaan membungkuk atau kepala menunduk.
  5. Dalam suatu event atau pesta, cobalah untuk selalu bersama orang lain. Jangan pernah sendirian karena jika kita sendirian, kita biasanya cenderung berpikir orang lain menganggap kita gak gaul. Walhasil, malah tambah gak pe-de deh. Juga janganlah terlalu sering bepergian sendirian. Ajaklah orang lain kemanapun kalian pergi. Ini mungkin sulit bagi kalian terutama yang penyendiri, tapi jika sudah terbiasa maka ini bisa menjadi mudah. Tak ada salahnya mencoba!
  6. Masuklah ke organisasi apapun dan berusahalah menjadi anggota yang aktif dalam organisasi itu. Cobalah untuk ikut serta dalam diskusi organisasi, kemukakan pendapat kalian dan jangan hanya diam saja. Lama – kelamaan ini bisa menghilangkan perasaan malu yang berlebihan pada diri kalian. Percayalah, saya sering melakukan hal ini dan walaupun dulu saya sangat malu, tapi lama – kelamaan saya jadi terbiasa dan sekarang saya tidak malu lagi mengutarakan pendapat.
  7. Jangan selalu mengalah. Kebiasaan orang introvert ekstrim adalah mereka biasa mengalah untuk orang lain. Cobalah tatap mata orang lain jika berbicara, dan biarkan orang lain yang meminta maaf terlebih dulu jika seandainya anda tidak sengaja bertubrukan dengan orang lain. Juga jangan cepat setuju jika anda sedang berdebat dengan orang lain. Jangan biarkan orang lain mengendalikan kita. Lawanlah mereka jika memang mereka salah dan jangan minta maaf jika kita benar. Jangan selalu merasa bersalah. Percaya dirilah dan tunjukkan pada dunia bahwa engkau adalah manusia yang sama dengan setiap orang di dunia ini.
  8. Berdoalah pada Allah dan mintalah petunjuk-Nya. Tidak ada satupun masalah yang tidak bisa diselesaikan jika Allah membantu kita. Oleh karena itu, rajin – rajinlah beribadah dan berdoa kepada-Nya. Mintalah petunjuk supaya kalian bisa lebih percaya diri lagi. Jangan remehkan saran yang satu ini karena menurut saya inilah yang terpenting. Dan sangat penting juga jika kita merasa Allah selalu bersama kita dalam keadaan apapun, jadi jika kita menemukan suatu keadaan yang membuat kita tidak percaya diri, ingat – ingatlah bahwa Allah selalu bersama kita dimanapun kita berada dan kapanpun waktunya.

Ok, guys. That’s all I can tell. Cara – cara diatas sudah saya praktikkan sendiri dan Alhamdullillah, sekarang saya sudah menjadi lebih percaya diri. Walaupun begitu, masih ada beberapa sifat – sifat pemalu dan inferior yang menghinggapi diri saya walau tidak separah dulu. Thank you and… sukses selalu!

Wassalamualaikum wr wb.

Tentang Joevarian

Just an ordinary boy (or guy maybe? whatever!) who dreams for some unordinary things...
Pos ini dipublikasikan di Philosophy, The Words dan tag . Tandai permalink.

19 Balasan ke Kiat Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

  1. meta permata putri berkata:

    thanks ya……..

  2. Lely berkata:

    mksh bwt smuany,
    mdh2an ush kali ni berhsl,

  3. mahasiswi UB berkata:

    Makasih ya? berkat u aku bisa presentase di depan kelas dengan sukses. Aku tu bingung pelajaran di kuliahku itu semuanya pake presentase. Padahal aku gak bisa ngomong. Tapi alhamdulilah aku bisa. Tapi yang aku masih bingung sifat kuperku tu masih belum ilang2. Emang buku berpikir positif itu sekarang masih dijual gak? makasih..🙂

    • Joevarian berkata:

      Ya, sama2. Senang sekali postingan saya bisa bermanfaat bagi orang lain.

      Ok, ini buku2 yg sangat saya rekomendasikan:
      1. Berpikir Positif Untuk Remaja => DI gramedia, coba cari di bagian pengembangan diri
      2. Berpikir dan Berjiwa Besar
      3. Bagaimana Mencari Kawan dan Mempengaruhi orang Lain
      4. Personality Plus

      Semua buku2 di atas merupakan best seller dan bisa dicari di hampir semua toko buku. Coba cari di bagian psikologi, pengembangan diri.

  4. tarry berkata:

    thank bgt buat kiat-kiatx,,,kren,,
    I Can do!!
    thankzzz y…

  5. indra dN berkata:

    Bukunya mahal gak??

  6. Zamzani berkata:

    Sip.. Bro! Stlh bc tlsn lo gw jadi agak semangat lagi.! Thank’s

  7. mtsalihsan1986 berkata:

    bagaimana caranya bisa mendapatkan buku ini

    • Joevarian berkata:

      Sekarang ini buku tsb. banyak dijual di toko buku – toko buku di seluruh Indonesia. Saya sendiri membeli buku ini di gramedia Senayan City Jakarta Selatan.

  8. nisa berkata:

    makaci bnyak . . ini bisa ngebantu tugaz gw. .

  9. nisa berkata:

    makaci bnyak . . ini bisa ngebantu tugaz gw. . gmn cara ngedapetin bukunya?

  10. nicho's,,, berkata:

    mdh2n sukses….yawh…
    buku nya…..

Tinggalkan Balasan

