Buku & Pesan Bu Novie


Hari Selasa kemarin saya sungguh senang. Bagaimana tidak… Bu Novie, guru Al-Quran, mengundang saya pada hari itu untuk mengambil buku-buku miliknya. Saya tidak menyangka akan diberikan buku-buku miliknya itu. Mana bukunya buku2 langka semua😄😄😄. Tapi yang jelas sekarang ini saya sangat senang, karena selain Bu Novie memberikan buku-bukunya itu, ia juga memberikan pencerahan pada saya dan sekarang saya dan Bu Novie berteman. Ia juga akan menghubungi saya jika ada informasi mengenai forum diskusi dan seminar. It’s obvious, isn’t it?

Saya sendiri sangat kaget. Tidak seperti guru-guru yang sering menjadi sasaran pertanyaan saya dan tempat saya bercerita, Bu Novie adalah guru yang hampir tidak pernah berbicara pada saya. Saya pun juga hampir tidak pernah menanyakan apapun padanya kecuali sewaktu KBM. Tapi hari Jum’at kemarin, saya mendapatkan sedikit kesempatan berbicara dengannya. Pembicaraan hanya seputar kampus dan universitas sampai tiba-tiba ia mengatakan, “Joe, hari Selasa besok kamu dateng ke sekolah ya… Ibu mau ngasih buku-buku ibu buat kamu.” Saya kaget, “buku bu? buku apa?” Lalu ia mengatakan, “Buku-buku buat kamu nanti kuliah.” “buku kimia ya bu?” Tanya saya. “yaa kira-kira begitulah.” jawab Bu Novie. Waaaaaw!!! Waktu itu saya sangat girang sampai-sampai loncat-loncat kegirangan (loncat-loncatnya sih di dalam hati ^^). Saya lalu berterima kasih padanya terus menerus setelah itu. Kemudian pembicaraan kami lanjutkan mengenai banyak hal terutama seputar kampus dan kost2an. Baru setelah itu saya latihan menjadi penganten dalam upacara perpisahan.

Hari Selasa, ketika saya datang ke sekolah sekitar jam 11, Bu Novie langsung memperlihatkan pada saya buku-bukunya yang ia simpan di dalam laci meja kerjanya. Ada buuuaaaaanyaaaak sekali buku-buku yang disodorkan pada saya. Buku-buku itu diantaranya adalah:

  • Mestakung karya Prof. Yohanes Surya, Ph.D. I’ve been looking for this!!😄
  • Wawasan Umum Mengenai Ilmu Alamiah Dasar. Kok Ibu bisa tau saya lagi nyari buku semacam ini??😄
  • Quantum Ikhlas (The Power of Positive Feeling).
  • 5 buku-buku karya Agus Mustofa. Buku-buku tentang agama, tapi dengan penjelasan ilmiah. Buku-buku yang saya sudah tidak sabar membacanya diantaranya Scientific Fasting dan Ternyata Adam Dilahirkan (kontroversial). Tapi harus saya simpan semua buku ini sampai nanti di Jogja.

Disodorkan seperti itu saya hanya bisa melongo. “Ya Allah ibu, ini semuanya? Ini semua buat saya?!” Ia menjawab, “iya Joe, ini semua buat kamu. Ibu yakin ini akan sangat berguna buat kamu nanti sebagai fondasi untuk kuliah nanti.” Saya bisa saja mati berdiri begitu mendengar itu, tapi saya tidak mau (halah! apa sih?!). Tak henti-hentinya saya berterima kasih pada Bu Novie. Ia kemudian menjelaskan satu per satu buku itu. Yah, intinya semua hal yang ada di buku itu memang saya sangat cari-cari😄. Kemudian kami jadi berbicara banyak sekali hal mengenai kehidupan, kepribadian, wawasan, sampai saya bertanya (atau lebih tepatnya curhat ya) mengenai masalah yang sekarang sedang saya hadapi. Bu Novie, yang memang berwawasan luas dan sangat bijak, memberikan solusi yang sangat baik bagi saya. Saya seperti mendapat semangat baru untuk menyelesaikan masalah saya. Tapi tak terasa jam dinding sekolah sudah menunjukkan pukul 2. Bu Sophie bertanya, “Joevarian, kamu sudah shalat?” Astaghfirullah! Ternyata saya keasyikan ngobrol sama Bu Novie, sampai-sampai lupa shalat. Setelah itu saya berterima kasih lagi pada Bu Novie dan pamitan pada semua guru di ruang guru. Saya meninggalkan sekolah dengan semangat. Dan sekarang saya dan Bu Novie juga sudah berteman.

Selama 3 jam pembicaraan, ada satu perkataan Bu Novie yang nampaknya akan terus membekas dalam benak saya. Ia mengatakan, “Ibu ingin nanti entah itu 5 tahun lagi, 10 tahun lagi, atau kapanpun, kamu sudah menjadi orang yang berguna dan berprestasi.” Ini sungguh membangkitkan semangat saya. Insya Allah, Bu. Saya juga akan terus berusaha. Doakan saya ya Bu… Terima kasih Bu…

Tentang Joevarian

Just an ordinary boy (or guy maybe? whatever!) who dreams for some unordinary things...
Pos ini dipublikasikan di General, The Words dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Buku & Pesan Bu Novie

  1. enggar handyani berkata:

    boleh pinjam buku2nya gaak…kayaknya ok jg tuu…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s