Idola Saya


Jika membicarakan soal idola, kebanyakan idola saya berada di bidang penelitian. Mungkin karena ketertarikan saya yang utama berada pada bidang sains, terutama kimia dan biologi.  Tapi tentu saja saya juga mengidolakan beberapa tokoh agama dan politik, juga tokoh sastra, dan walaupun saya sangat membenci pekerjaan aktor atau aktris, saya menyukai salah satunya.  Saya benar-benra mengagumi mereka semua. Di bawah ini adalah 10 orang yang paling saya idolakan, yang dilihat dari urutan ke 10 sd. ke 1.

10. Michael Crichton
Michael Crichton

Ok, saya memang belum pernah membaca satupun bukunya (walaupun dalam waktu dekat saya ingin membelinya). Tapi saya sangat mengagumi penulis novel legendaris Jurassic Park ini. Juga semua novel-novel lain bertema sains miliknya. Sampai saat inipun saya tidak bosan-bosannya menonton film Jurassic Park Trilogy. Novel-novelnya yang lain diantaranya adalah The Andromeda Strain, State of Fear, dan NEXT.

9. Marie Curie
Marie Curie

Peraih 2 nobel yaitu di bidang fisika dan kimia. Meskipun penemu dari radioaktif adalah Henri Becquerel, Curie-lah yang menemukan uranium. Radioaktif yang bisa dibilang paling penting saat ini. Ia meninggal karena kanker sebagai akibat dari penelitiannya di bidang radioaktif. Saya mengaguminya sebagai ilmuwan yang pendiam, low profile, tapi berdedikasi tinggi dan sangat jenius. Sekarang ini ia lebih sering disebut dengan panggilan Madame Curie.

8. Antoine Lavoisier
Antoine Lavoisier

Nasibnya berakhir tragis di guillotine karena dianggap berkomplot dalam revolusi perancis. Dialah bapak dari kimia modern dan orang pertama yang membuat kemajuan pesat dalam bidang kimia (pada masa itu kimia jauh tertinggal dibanding fisika dan biologi). Dia juga merupakan penemu dari teori kekekalan massa. Pernyataan paling terkenal mengenai dirinya yaitu, “Memang hanya butuh sekejap saja untuk memenggal kepala Lavoisier, tapi tidak akan cukup 100 tahun untuk menempatkan kepala Lavoisier pada tempatnya.” Dialah bapak ilmu kimia, dan saya mengaguminya atas itu.

7. Sir Arthur Conan Doyle
Conan Doyle

Siapa tidak kenal Sherlock Holmes dan sahabatnya Dr. Watson? Conan Doyle adalah orang dibalik “The Adventures of Sherlock Holmes” yang terkenal itu. Walaupun karyanya sungguh fenomenal, ia tidak terlalu menyukai Sherlock Holmes ciptaannya itu. Oleh karena itulah ia menyisipkan peran Dr. Watson, yang diibaratkan dengan dirinya sendiri. Tapi jujur, dibandingkan dengan karyanya yaitu Sherlock Holmes, saya lebih mengagumi Conan Doyle. Gaya penulisannya benar-benar enak dibaca. Novel lainnya yang pernah saya baca yaitu The Lost World.

6. Agatha Christie
Agatha Christie

Walaupun menurut kebanyakan orang novel-novel detektifnya masih kalah dengan Conan Doyle, tapi saya lebih menyukai karya-karya Agatha Christie. Tidak seperti novel Sherlock Holmes yang ceritanya kurang masuk di akal, Agatha Christie membuat semua novel detektifnya sesuai dengan logika dan kenyataan. Dia memiliki beberapa tokoh detektif yang muncul secara terpisah, yaitu Hercule Poirot (detektif Belgia bersel otak abu-abu), Miss Marple (Perawan tua yang bijak, jenius, dan rendah hati), Tommy and Tuppence (suami istri detektif petualang), dan Mr. Quinn yang misterius.

5. Kate Winslet
Kate Winslet

Saya tidak tahu banyak mengenai aktris ini, tapi saya sangat mengaguminya. Dia sangat cantik dan anggun. Juga (menurut pendapat saya) aktris yang terkesan tenang, cerdas, simpatik, dan elegan. Tipikal wanita inggris pada umumnya. Melihatnya terus pun tidak akan membuat mata saya bosan. Ooooh, you’re soo beautiful, Ms. Winslet. Or should I say, Ms. Dewitt Bucketter?

4. Yohanes Surya
Yohanes Surya

Inilah panutan dan inspirasi bagi para calon ilmuwan Indonesia kelak. Dia telah membuktikan kepeduliannya yang teramat sangat di bidang pendidikan dengan menjadi mentor olimpiade fisika internasional. Bahkan Indonesia akhirnya berhasil memenangkan juara 1 di olimpiade fisika pada tahun 2006. Indonesia membutuhkan banyak orang seperti ini. Dia juga adalah seorang dosen di UPH dan baru-baru ini mendirikan universitasnya sendiri (saya lupa nama universitasnya). Aaaah, andaikan saja semua orang di Indonesia memiliki pemikiran seperti dia, Indonesia will be better in no time.

3. Mahmoud Ahmadinedjad
Mahmoud Ahmadinedjad

Cuma segelintir orang yang berani menentang ke dzhalim-an  Amerika Serikat. Presiden Iran, Mahmoud Ahmadinejad adalah salah satunya. Dia menunjukkan secara terang-terangan mengenai sikap permusuhannya kepada AS. Dia juga tidak mengindahkan imbauan AS untuk menghentikan program nuklir Iran. dia merupakan sosok seorang Presiden yang sangat merakyat dan berani serta tegas dalam mengambil keputusan. Saya kagum sekali dengan orang ini. Benar-benar kagum.

2. Amien Rais
Amien Rais

Penggerak reformasi, Pelopor PAN dan penganut Muhammadiyah yang taat, Orang yang bijak dan berwawasan sangat luas, Pendidik generasi masa depan, Pembenci intervensi asing di Indonesia, dan Ketua MWA UGM. Masih kurangkah alasan bagi saya untuk mengaguminya? Hanya orang bodoh saja yang mengatakan bahwa ia ingin menghancurkan Indonesia. Saya menunggu kesempatan dimana suatu saat nanti saya bisa bertatap muka dengannya dan meminta tanda tangannya.😛

1. Rasulullah SAW
Muhammad SAW

Tidak ada alasan apapun bagi seluruh umat muslim di dunia untuk tidak meneladani Rasulullah, Al-Quran, dan Al-Hadits. Sebagai nabi terakhir, Muhammad adalah pelopor salah satu dari tiga agama terbesar di dunia, yaitu Islam. Berkat ia pula Islam mencapai puncak kejayaannya selama 7 abad. Pada masa kejayaan Islam, ada banyak sekali ilmuwan penemu yang berkontribusi di bidang sains dan kedokteran. Salah satunya adalah Ibnu Sinna (Avicenna). Ia mendapat mukjizat diantaranya adalah bisa pergi dengan bouraq ke langit (Isra Mi’raj), dan membelah bulan. Kitab yang diturunkan padanya, Al-Quran, merupakan kitab terlengkap yang menuntun umat manusia ke jalan yang benar.

Tentang Joevarian

Just an ordinary boy (or guy maybe? whatever!) who dreams for some unordinary things...
Pos ini dipublikasikan di Philosophy, The Words dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s