Masuk Jurusan Apa di Perguruan Tinggi Jika Saya Memiliki Kecerdasan Verbal?


Sebelum saya memulai tulisan saya ini, saya ingin meminta maaf terlebih dahulu kepada mereka yang telah menunggu tulisan saya mengenai pembahasan jurusan – jurusan di universitas / perguruan tinggi. Kali ini format tulisan saya tidaklah seperti dulu, dimana saya membahas satu persatu jurusan dan menentukan modal utama apa yang dibutuhkan oleh individu untuk masuk ke jurusan tersebut. Kali ini, tulisan – tulisan mengenai pembahasan jurusan akan saya tulis dengan format sebaliknya, yaitu menentukan bagaimana kepribadian dan modal utama yang dimiliki oleh masing – masing orang, baru kemudian ditentukan jurusan apa yang cocok untuk orang itu. Saya harus mengatakan bahwa pembahasan jurusan ini semuanya didasarkan oleh analisis dan pengamatan  saya dan saya meminta maaf apabila ada data yang tidak valid di dalam tulisan ini.

Semua jurusan yang saya bahas disini adalah jurusan tingkat Strata-1 (S1).

Kecerdasan Verbal

Apakah kalian termasuk orang yang tidak lelah jika disuruh membaca buku yang berisi tulisan tanpa gambar? Ataukah kalian termasuk orang yang senang membuat puisi dan syair? Atau bahkan kalian termasuk orang yang pandai mengemukakan pendapat dan senang dengan kegiatan diskusi dan debat? Jika ya, maka kalian memiliki kecerdasan verbal. Orang yang memiliki kecerdasan ini berbakat dengan kata – kata. Mereka sangat menyenangi kegiatan yang berhubungan dengan diskusi, sastra, dan bahasa. Mereka juga sering menggunakan kata – kata yang jarang digunakan dan seringkali membuat orang lain kagum dengan kemampuan pidato mereka. Mereka yang pandai bersilat lidah dan sering menggunakan kata – kata gombal untuk merayu juga bisa digolongkan dalam kategori ini. Mereka juga biasanya senang menulis. Di sekolah, mereka sangat suka dengan pelajaran bahasa. Mereka senang dengan kegiatan presentasi di depan kelas atau forum. Jika ditanya apa hobi mereka, maka kebanyakan dari mereka akan menjawab,  “membaca buku”.

Saya adalah salah satunya, lalu saya harus masuk jurusan apa?

Orang – orang verbal akan menemukan tempatnya di jurusan – jurusan berikut ini:

Program Studi IPA

Hampir tidak ada jurusan di IPA yang bisa mendukung bakatmu ini. Tapi bakat yang kurang, belum tentu diiringi dengan minat yang kurang pula. Apabila minat mengalahkan bakat, maka kamu bisa memilih jurusan sesuai dengan minatmu.

Ilmu Pendidikan – IPA

Mengapa? Sebagai seorang yang berbakat dalam berbicara di depan umum dan pandai mengolah kata – kata, kamu sangat efektif sebagai seorang guru. Pilihlah ilmu pendidikan sesuai dengan minat kamu seperti Pendidikan Matematika, Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, Pendidikan Kimia, dsb.

Untuk inspirasimu cobalah tonton dorama Jepang yang berjudul “Great Teacher Onizuka” atau “Dragon Zakura”. Dapat memotivasi kalian yang benar – benar ingin menjadi pendidik yang berkualitas dan mengubah anggapan bahwa guru hanyalah pekerjaan yang dianggap sebelah mata.

Sosial Ekonomi Pertanian (Agribisnis) & Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Mengapa? Di jurusan ini selain kamu akan diberikan pengetahuan mengenai pertanian, kamu juga akan diberikan pengetahuan mengenai kewirausahaan dalam pertanian dan kegiatan – kegiatan seperti penyuluhan dan komunikasi mengenai pertanian. Apabila didukung dengan minat di bidang pertanian, maka jurusan ini sangat pas untukmu.

Untuk inspirasimu cobalah lihat betapa negara kita sedang membutuhkan pelopor yang dapat memajukan usaha tani. Kenapa harus malu menjadi petani, sosok penting yang memproduksi kebutuhan – kebutuhan pokok kita? Dan lihatlah bahwa Indonesia sedang mengalami kemajuan dalam usaha pangan. Jadi, jangan takut mengambil jurusan – jurusan pertanian.

Program Studi IPS

Orang – orang verbal akan bersinar bakatnya di jurusan – jurusan berikut ini,

Sastra Indonesia & Sastra Daerah

Mengapa? Kecerdasan verbal juga dapat diartikan kecerdasan berbahasa. Dari sini dapat disimpulkan bahwa tempat yang paling cocok untuk orang – orang verbal adalah di tempat yang banyak mempelajari bahasa, dan tempat itu adalah sastra.

Untuk inspirasimu Jika generasi sekarang tidak ada yang mau mempelajari sastra Indonesia atau kebudayaan daerah kita, lalu siapa? Ayo saingi negara – negara tetangga yang sudah sadar bahwa sastra dan kebudayaan mereka adalah aset utama untuk mencapai barbagai kemajuan.

Sastra Asing (Sastra Inggris, Sastra Perancis, Sastra Arab, Sastra Jepang, dsb.)

Mengapa? Kecerdasan verbal juga dapat diartikan kecerdasan berbahasa. Dari sini dapat disimpulkan bahwa tempat yang paling cocok untuk orang – orang verbal adalah di tempat yang banyak mempelajari bahasa, dan tempat itu adalah sastra.

Untuk inspirasimu Di sastra bukan hanya belajar mengenai bahasa, tapi juga ekonomi, sosial, politik, dan kebudayaan negara tertentu. Ini membuat lulusan jurusan sastra asing bisa mencalonkan diri di Departemen Luar Negeri sebagai diplomat atau duta besar negara tertentu. Bagi yang senang membaca novel dan karya sastra, jurusan ini sangat pas untukmu.

Sejarah & Antropologi

Mengapa? Di jurusan sejarah dan antropologi, kamu akan dituntut untuk banyak membaca agar memiliki wawasan yang cukup luas. Oleh karena itu, orang – orang verbal akan cocok di jurusan ini. Tapi hindarilah jurusan ini apabila kalian kurang menyenangi masalah kebudayaan.

Untuk inspirasimu Bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai sejarah. Siapa tahu kamu akan menemukan jawaban mengenai polemik – polemik yang terjadi pada masa pergerakan PKI atau jawaban mengenai banyak misteri di dunia ini.

Ilmu Perpustakaan

Mengapa? Tidak ada yang lebih berbakat dalam tulisan selain orang – orang verbal. Kalian juga menghargai buku dan tulisan sehingga jurusan ini adalah jurusan yang sangat cocok untuk kalian yang senang membaca buku dan kearsipan.

Untuk inspirasimu Tidakkah bekerja di lingkungan perpustakaan dan kearsipan itu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan? Bayangkan kalian bisa membaca semua buku yang ada di sana.

Filsafat

Mengapa? Ahli filsafat yang baik adalah mereka yang mampu membagi kebijaksanaannya untuk orang banyak. Dalam perkuliahan di jurusan filsafat, kemampuan verbal adalah yang paling utama dikarenakan banyaknya kegiatan presentasi, mengemukakan ide, dan jurnalistik.

Untuk inspirasimu Siapa tahu kalian bisa menjadi the next Mario Teguh. Atau jika kalian kagum dengan sosok seperti Plato atau Aristoteles, bisa jadi kalian memang berbakat di jurusan ini. Perlu diingat, filsafat adalah raja dari segala ilmu.

Ilmu Hubungan Internasional

Mengapa? Diplomasi adalah kunci dari jurusan ilmu hubungan internasional. Orang – orang yang memiliki kemampuan berbicara dengan fasih di depan umum dan memiliki bakat yang tinggi dalam berdebat akan menemukan tempatnya di jurusan ini. Perlu diingat disini kalian juga akan mempelajari ekonomi, hukum, sosiologi, dan kebudayaan disamping politik.

Untuk inspirasimu Bukankah status sebagai seorang diplomat atau duta besar itu keren? Kalian juga bisa bekerja di PBB atau lembaga internasional lain-nya.

Ilmu Komunikasi

Mengapa? Jika saya ditanya jurusan apa yang paling cocok untuk orang – orang verbal? Maka saya akan menjawab sastra dan ilmu komunikasi. Di ilmu komunikasi-lah kalian akan mempraktekan kebanyakan bakat – bakat verbal seperti berbicara dengan fasih, psikologi komunikasi, komunikasi massa, dsb.

Untuk Inspirasimu Cobalah sesekali tonton berita di TV. Lihat pembawa acaranya. Jika kalian ingin populer dan terlihat cerdas, kalian bisa menjadi seperti mereka lewat jurusan ilmu komunikasi.

Sosiologi & Ilmu Kesejahteraan Sosial (Sosiatri)

Mengapa? Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik memang fakultas yang paling tepat untuk orang – orang verbal disamping Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya. Di jurusan sosiologi dan sosiatri kamu dituntut untuk banyak membaca dan membuka wawasan sosial. Kamu juga dituntut untuk memperhatikan problema masyarakat dan mampu untuk menggerakan masyarakat.

Untuk inspirasimu Sudah cukup manusia Indonesia dianggap oleh dunia sebagai sumber daya yang tidak berkualitas (terbukti dari betapa murahnya gaji TKI atau TKW asal Indonesia). Orang – orang sosiologi dan sosiatri dapat menjadi garda terdepan dalam memberantas kebodohan, kemiskinan, dan masalah masyarakat lainnya.

Psikologi – IPS

Mengapa? Di jurusan ini, kalian akan mendapatkan banyak sekali istilah – istilah psikologi dan banyak teori – teori verbal mengenai psikologi. Jadi, membaca buku dengan tulisan seabrek merupakan kegiatan rutin kamu disini.

Untuk inspirasimu Menurut saya pribadi, psikologi itu ilmu yang paling asyik. Kalian bisa langsung mempraktekan apa yang kalian pelajari dari psikologi di kehidupan nyata sepert menilai orang lain dengan tepat, mencari cara termudah untuk membuat orang mengerti, dan mengasuh anak.

Ilmu Pendidikan – IPS

Mengapa? Sebagai seorang yang berbakat dalam berbicara di depan umum dan pandai mengolah kata – kata, kamu sangat efektif sebagai seorang guru. Pilihlah ilmu pendidikan sesuai dengan minat kamu seperti Pendidikan Bahasa, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, dsb.

Untuk inspirasimu cobalah tonton dorama Jepang yang berjudul “Great Teacher Onizuka” atau “Dragon Zakura”. Dapat memotivasi kalian yang benar – benar ingin menjadi pendidik yang berkualitas dan mengubah anggapan bahwa guru hanyalah pekerjaan yang dianggap sebelah mata.

Created by Joevarian, dibuat untuk blog pribadi saya: https://joevaryanwords.wordpress.com/. Bagi yang ingin mencantumkan tulisan ini ke situs lain, harap mencantumkan sumber dimana kalian mendapatkan tulisan ini.

Tentang Joevarian

Just an ordinary boy (or guy maybe? whatever!) who dreams for some unordinary things...
Pos ini dipublikasikan di Philosophy, The Words dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s